Sharing Materi Perkuliahan Sarjana dan Pascasarjana yang ditulis secara pribadi atas tugas kuliah: Mengenai materi Akuntansi, Ekonomi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Informasi Teknologi dan Pengetahuan Umum

Sabtu, 28 Februari 2015

Analisis SWOT Bank Mandiri Tbk

By Briyan Efflin Syahputra


ANALISIS SWOT
BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk

Berikut merupakan analisis SWOT Bank Mandiri (Persero) Tbk, antara lain :
A.    Strength (Kekuatan)
Bank Mandiri menawarkan berbagai produk perbankan yang mempermudah nasabah dalam bertransaksi, serta mengaplikasikan layanan 24 jam. Layanan ini terdapat berbagai bentuk misalnya Mandiri Mobile, Mandiri Internet Bisnis, Mandiri Internet, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan Mandiri ATM.
Pertama, Mandiri mobile adalah layanan mobile banking pada smartphone  (Blackberry, Android, dan iPhone) dengan tampilan menu yang menarik dan mudah digunakan. Dengan mandiri mobile Nasabah dapat melakukan transaksi finansial (transfer, pembayaran, pembelian, dll), transaksi  non finansial (cek saldo, cek histori transaksi, dll), informasi
lokasi cabang/ATM, informasi kurs dan fitur-fitu rmenarik lainnya. Untuk menggunakan layanan ini, Nasabah perlu mengaktifkan layanan mandiri sms kemudian mengunduh aplikasi mandiri mobile. Nasabah dapat mengunduh aplikas iini di Blackberry App World, App Store, dan Google Play.
Kedua, Mandiri internet bisnis adalah layanan e-banking untuk melakukan transaksi financial dan non financial dengan aplikasi internet banking yang diperuntukkan bagi Nasabah bisnis dari segmen perorangan dan perusahaan khususnya kategori perusahaan kecil dan menengah. Fitur yang terdapat di dalam layanan mandiri internet bisnis antara lain informasi umum rekening, transfer, pembayaran, pembelian, admiminstrasi, infomasi bisnis dan aktivitas bisnis.
Ketiga, Mandiri SMS. Ketik SMS atau Pilih Menu Kini, transaksi perbankan di Mandiri semakin mudah dengan hadirnya layanan ini. Mandiri SMS adalah layanan perbankan yang dapat Nasabah gunakan untuk bertransaksi perbankan melalui SMS di ponsel Nasabah. Keuntungan dari layanan ini adalah transaksi  perbankan dapat kapan saja dan dimana saja, mudah dan fleksibel, lebih efisien, memakai semua jenis SIM Card, serta apapun jenis SIM Card yang nasabah miliki, transaksi perbankan dapat nasabah lakukan.
Keempat, Mandiri Call, layanan perbankan otomatis 24 Jam melalui telepon atau ponsel yang membuat Nasabah semakin dekat dengan rekening nasabah dan memudahkan nasabah mengatur keuangan lebih leluasa tanpa batasan waktu dan tempat. Melakukan transaksi perbankan semudah nasabah menekan tombol telepon. Dengan Mandiri Call Nasabah dapat melakukan transfer antar rekening Bank Mandiri, Pembayaran tagihan : Listrik (PLN); PAM; Telepon/Handphone; KartuKredit; TiketPesawat/KeretaApi; Iklan; Internet; Televisi berlangganan; PBB; Pendidikan; Asuransi; Pembelian isi ulang pulsa; Pembukaan deposito rupiah; Informasi saldo rekening dan 10 transaksi terakhir; Informasi (suku bunga, kurs, rekening pinjaman) dan aplikasi pinjaman dan produk. Kelima, Mandiri ATM. Nasabah dapat mengakses dan melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 10.360 Mandiri ATM yang telah tersebar di seluruh daerah di Indonesia.
Selain itu, Mandiri juga menawarkan layanan E-Cash dan E-Money sebagai bentuk pelayanan prima kepada masyarakat. Pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Mandiri juga memiliki program Mandiri Kredit Usaha Mikro, Mandiri Kredit BPR dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Program – program tersebut ditujukan untuk mempermudah dan menjangkau masyarakat yang akan membuka usaha dalam skala menengah.
Dengan demikian, banyaknya layanan 24 Jam serta program – program menarik tersebut diharapkan dapat menjadi kekuatan bagi keberlangsungan PT.Bank Mandiri dalam kegiatannya dibidang perbankan baik secara nasional maupun Internasional. Tentunya, layanan prima dan lengkap ini akan semakin mempermudah dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat untuk menggunakan Bank Mandiri sebagai Lembaga Perbankan yang dipercaya.

B.     Weakness (Kelemahan)
Bank Mandiri memiliki salah satu fitur yaitu,e-cash.Tetapi selain memiliki manfaat fitur e-cash masih memiliki kelemahan dan masalah  yaitu:
·         Susah untuk mengakses jika server bermasalah.
·         Timbulnya kejahatan seperti penyadapan, pembobolan
·         Membutuhkan internet. Jika tidak ada internet, maka transaksi tidak akan berjalan.
Bank Mandiri memiliki fitur KTA (Kredit tanpa Anggunan). Tetapi masih ada beberapa kelemahan dari KTA tersebut.yaitu:
  • Dikarenakan ini adalah pinjaman tanpa jaminan dan agunan sehingga bunga yang ditawarkan biasanya lebih tinggi daripada produk pinjaman lain dari lembaga keuangan
  • Ada jumlah maksimal uang yang boleh dipinjam jadi gak bisa meminjam melewati batas yang telah terterah dalam peraturan masing - masing lembaga keuangan
  • Seperti produk pinjaman lain, kredit tanpa agunan juga memiliki batas waktu peminjaman.
Bank Mandiri memiliki fitur Mobile banking.Tetapi fitur ini masih mempunyai beberapa kelemahan yaitu:
·         Resiko keamanan terbesar dalam mobile banking adalah non-dienkripsi server penyedia layanan ponsel. Hal ini relative sangat mudah bagi seorang hacker ahli untuk mendapatkan informasi account atau debit dan informasi kartu kredit dari pengguna.
·         Kecepatan saat melakukan transaksi tidak begitu cepat

C.    Opportunity (Kesempatan)
Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, bank Mandiri memiliki peluang dalam  meningkatkan financial inclusion, yaitu perluasan akses layanan perbankan kepada masyarakat yang belum memanfaatkan jasa layanan perbankan. Financial inclusion adalah topik yang penting bagi Indonesia sebagai bentuk peningkatan akses pelayanan financial untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Secara langsung, financial inclusion dapat membantu masyarakat dalam mengubah sifat konsumerisme atau consumptive menjadi masyarakat yang cenderung akan menyimpan uang mereka dalam bentuk rekening pribadi.

D.    Threat (Ancaman)
·         Produk-produk yang ditawarkan oleh bank pesaing lainnya semakin inovatif
·         Penggunaan teknologi yang semakin canggih oleh para pesaing dalam memberikan pelayanan kepada pihak nasabah
·         Ancaman pesaing tetap menjadi yang utama, pesaing tidak datang dari dalam negeri, tetapi dari luar negeri
·         Pesaing tidak hanya sesama bank konvensional saja, sekarang mulai banyak bermunculan Bank Syariah, yang akan menambah daftar pesaing Bank Mandiri
·         Kondisi/suhu politik Indonesia yang mash belum stabil, hal ini akan menyebabkan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia, termasuk Perbankan di Indonesia, termasuk Bank Mandiri
·         Kenaikan harga minyak dunia  akan menimbulkan dampak negatif, hal ini akan menyebabkan kemungkinan pemerintah akan mengurangi Subsidi BBM, yang secara otomatis harga BBM akan naik. Kondisi yang seperti ini akan membuat inflasi menjadi tinggi di Indonesia, yang secara otomatis akan berdampak bagi perekonomian, termasuk perbankan di Indonesia, termasuk didalamnya Bank Mandiri.



3 komentar:

  1. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pelamar:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Pekerjaan:
    6) Nomor telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Pendapatan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Jangka waktu pinjaman:
    11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
    Salam Hormat

    BalasHapus
  2. Jam Operasional Bank Mandiri Dari analisis tersebut di atas bahwasanya faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan pengaruh dari faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman. Oleh karena itu posisi PT BANK MANDIRI (Persero) berada pada kuadran 1 yang berarti pada posisi PERTUMBUHAN, dimana hal ini menunjukkan kondisi intern/pun eksternal PT BANK MANDIRI (Persero) yang KUAT, dengan lingkungan yang sedikit MENGANCAM.

    BalasHapus
  3. ada swot bank mandiri yang terbaru ga kak?

    BalasHapus